Peluang Bisnis Diferensiasi
memang diperlukan untuk dapat berkompetisi di dalam pasar yg penuh dgn
persaingan seperti di dalam peluang usaha apotik ini. Namun demikian,
saya ingin terlebih dahulu mengingatkan Anda agar jangan melupakan
hal-hal ? standar? yg juga dapat mempengaruhi keberhasilan Peluang
usaha apotik ini.
Pertama-tama,
lokasi. Ingat, walaupun jarak antar apotik tidak diatur oleh
pemerintah, namun Anda harus mempertimbangkan potensi peluang usaha di
wilayah tersebut, seperti jumlah penduduk dan daya beli penduduknya.
Perlu juga dipertimbangkan keberadaan layanan kesehatan lainnya di
daerah tersebut, seperti dokter, puskesmas, rumah sakit, dan tentu saja,
apotik lainnya. Dan lokasi yg strategis untuk bangunan apotik akan
menentukan apakah konsumen akan tertarik datang ke apotik
Kedua,
jangan lupa lengkapi bangunan dan peralatan apotik. Jangan sampai
konsumen mengalami pengalaman pertama berbelanja yg tidak mengenakan di
apotik Anda, baik pada saat menunggu resep.
Nah,
dalam hal diferensiasi, coba aturlah apotik menjadi semacam
convenience store kecil. Mulailah memikirkan produk-produk apa yg bisa
Anda sekalian jual di apotik, produk yg banyak dicari orang. Misalnya,
bila di sekitar Anda agak sulit untuk menemukan penjual kosmetik,
pertimbangkan untuk menjajakan produk-produk kecantikan disitu. Makanan
dan minuman kecil juga bisa Anda pertimbangkan, yg selain bisa menambah
pemasukan, juga akan menambah kenyamanan pembeli obat yg menunggu
resepnya. Yg perlu diperhatikan adalah barang-barang yg sifatnya
impulsif (konsumen tertarik membeli setelah melihatnya) harus berada di
rak terdepan, bila perlu tepat di depan pintu masuk.
Setelah
barang-barang impulsif tersebut, Anda bisa menaruh rak yg diisi oleh
obat-obatan tradisional seperti jamu. Pengikut setia obat-obatan
tradisional masih banyak di Indonesia, dan marjinnya bisa lebih menarik
daripada menjual obat bermerk dimana produsen obat kelas kakap memiliki
kekuatan untuk memaksakan harga kepada distributor kecilnya..
Lalu
siapkan rak yg berisi obat-obat bebas/OTC. Untuk membedakan dgn apotik
lain, lengkapilah koleksi obat-obat bebas itu sebisa mungkin,
khususnya produk unggulan. Bila apotik Anda lebih lengkap daripada
apotik pesaing, konsumen akan lebih cenderung memilih apotik Anda,
walaupun misalnya, harga jualnya sedikit lebih mahal.
Yg
terakhir, untuk obat resep/ethical, diferensiasi dari segi kualitas
layanan dan harga dapat dicoba. Untuk harga, pertimbangkan tingkat
keuntungan yg kompetitif (lebih rendah) dibandingkan pesaing secara
konstan untuk segmen obat resep ini. Saya menganjurkan agar segmen ini
diperlakukan sebagai penarik konsumen saja, dan berharap agar keuntungan
yg tipis dari segmen ini akan dikompensasi dgn tingginya tingkat
penjualan, dan sumbangsih banyaknya penjualan barang-barang lainnya dgn
marjin lebih bagus di apotek Anda.